Heboh, Uang Donasi Cak Budi Ternyata Dipakai Buat Beli Fortuner dan iPhone7

Pemilik akun media sosial @cakbudi_ mengklarifikasi ihwal pembelian mobil Toyota Fortuner dan ponsel iPhone 7 dengan menggunakan uang dari penggalangan donasi. Lewat akun pribadinya, Cak Budi menyampaikan permohonan maafnya atas keputusan penggunaan uang donasi yang dinilai tidak transparan.
“Meski niat saya sepenuhnya untuk melancarkan kegiatan amal, saya paham bahwa tindakan ini tidak tepat karena tidak dikomunikasikan terlebih dahulu kepada donatur,” tulis Cak Budi, kemarin, Senin, 1 April 2017.
Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, Cak Budi mengatakan akan menjual semua aset yang diperoleh dari uang donasinya. Adapun aset yang di maksud adalah satu unit iPhone 7 dan mobil Fortuner.
Kemudian, Cak Budi mengatakan dana hasil penjualan tersebut, beserta dana yang masih belum digunakan. Seluruh donasi yang terkumpul akan ia amanahkan seluruhnya kepada lembaga amal berskala nasional yang terpercaya seperti Dompet Dhuafa atau Aksi Cepat Tanggap.
instagram/cakbudi_
instagram/cakbudi_
Mulai hari ini, Cak Budi mengatakan akan melanjutkan kegiatan bakti sosial tanpa melakukan pengumpulan donasi dari publik. Sementara itu, dalam akun Kitabisa.com/cakbudi tertulis dana yang terkumpul telah menembus angka Rp 1,065 miliar.
“Sesungguhnya niatan Cak Budi hanya untuk kegiatan amal dan berbagi. Mohon bukakan pintu maaf atas tindak laku Cak Budi yang kurang berkenan di hati sahabat. Semoga ini menjadi pelajaran agar Cak Budi dapat menjadi pribadi yang lebih baik kedepannya,” kata dia.
Pemberitaan Cak Budi semakin santer terdengar karena ia dianggap tidak transparan dalam penyaluran dana donasi tersebut. Pasalnya, para donatur menilai uang yang disalurkan tidak sebanding dengan dana yang diterima dari para donatur. Cak Budi buru-buru mengklarifikasi bahwa pembelian Toyota Fortuner dan ponsel iPhone 7 untuk keperluan operasional.