Cucu BJ Habibie Ikut Seleksi Timnas U-19, Rafid : Malah Jadi Beban



Tak mudah bagi Mochammad Rafid Habibie mengikuti seleksi Timnas Indonesia U-19. Terutama dalam kondisi semua calon pemain tahu bahwa dia adalah cucu presiden Ketiga Republik Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie.
Rafid adalah salah satu dari 14 pemain Indonesia anggota tim akademi klub luar negeri yang mengikuti seleksi Timnas U-19 asuhan Indra Sjafri. Pemuda 16 tahun itu bersemangat mengikuti seleksi, meski predikat sebagai cucu Habibie sedikit membebani pikirannya.
"Jujur saya terbebani, tapi apa boleh buat, saya akan berusaha semampunya," kata Rafid.
Rafid mulai mengikuti seleksi sejak Kamis (6/4). Sebelum ikut seleksi, dia mengaku sempat berkumpul dengan keluarga besar dan mendapat komentar dari Habibie tentang aktivitasnya di dunia olahraga sepak bola.

Rafid (kiri) merupakan cucu presiden ketiga Indonesia, BJ Habibie.

"Kakek bangga, karena ini adalah sebuah kehormatan untuk atlet dipanggil oleh negaranya," ucap Rafid yang saat ini tergabung dengan ISM Academy Perugia di Italia.
Kendati sebagai cucu mantan Presiden Indonesia, Rafid mengaku tak kesulitan bergaul dengan para pemain lainnya yang juga menjalani seleksi. Selama seleksi, Rafid tinggal di sebuah asrama dekat lapangan Atang Soetrisna, Cijantung, Jakarta Timur.
"Baik, semua di sini menerima dengan siapapun, jadi enak rasanya. Hanya kami di sini tinggal latih hubungan saja lebih lama lagi agar enak ke depannya," ucap Rafid.
Pelatih Indra Sjafri juga mengakui komunikasi antar-pemain cukup baik. Para pemain dari dalam negeri menyambut baik para pemain seleksi dari luar negeri, begitu juga sebaliknya.
"Tidak ada masalah. Hanya mungkin adaptasi terhadap respons motorik pemain ketika bermain masih kurang," ujar Indra.